Analisis Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram

Teguh Santoso, Zainal Fikri, Yudha Anggit Jiwantoro

Abstract


Rumah sakit merupakan salah satu bentuk sarana kesehatan, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat yang berfungsi untuk melakukan upaya kesehatan dasar atau kesehatan rujukan dengan meningkatkan mutu pelayanan. Mutu pelayanan kesehatan merupakan faktor penting dalam keberhasilan suatu rumah sakit, dimana terdapat pelayanan laboratorium yang tidak dapat terpisahkan dengan rumah sakit. Pelayanan yang diberikan laboratorium sangat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien. Cara pengukuran tingkat kepuasan pasien menggunakan lima dimensi mutu pelayanan seperti, bukti fisik (tangible), kehandalan (reliabilty), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Mengetahui  mutu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien di laboratorium RSUD Kota Mataram. Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien laboratorium RSUD Kota Mataram, sampel penelitian sebanyak 98 orang. Tekknik pengambilan sampel purposive sampling dengan kriteria sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tentang pengaruh mutu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien. Analisis data dengan uji chi square. Hasil penelitian karakteristik responden berdasarkan lima dimensi mutu pelayanan, didapatkan hasil variabel mutu pelayanan: tangible baik (67,4%), tidak baik (32,6%), reliability baik (83,7%), tidak baik (16,3%), responsiveness baik (94,0%), tidak baik (6,0%), assurance baik (51,1%), tidak baik (48,9%), dan empathy baik (97,0%), tidak baik (3,0%). Variabel kepuasan pasien responden yang mengatakan puas sebesar (74,5%). Hasil penelitian menunjukkan p value (0.000). Ada pengaruh mutu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien di laboratorium RSUD Kota Mataram.


Keywords


Mutu pelayanan; tingkat kepuasan pasien; pelayanan laboratorium kesehatan

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2013) ‘Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya’, Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. doi: 10.1038/cddis.2011.1.

Handiwidjojo, W. (2014) ‘Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit’, Jurnal EKSIS.

Mardiana and Rahayu, I. G. (2017) ‘Pengantar Laboratorium Medik’, in Bahan Ajar Teknologi Laboratorium Medis (TLM).

Margono, H. and Wardani, M. K. (2018) ‘Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rumah Sakit’, Jurnal Manajemen Kewirausahaan. doi: 10.33370/jmk.v15i1.190.

Nafs, T. et al. (2017) ‘Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruang Dewasa Umum Rumah Sakit X Kabupaten Gresik’, Psikosains.

Notoatmodjo, S. (2014) Metodologi Penelitian Kesehatan. 2nd edn. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono and Republik Indonesia (2010) Metode Penelitian Kuantitatif & kualitatif, Journal of Experimental Psychology: General.




DOI: https://doi.org/10.32807/jambs.v8i1.223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS) Poltekkes Kemenkes Mataram, Jurusan Analis Kesehatan
Jl. Praburangkasari, Dasan Cermen, Sandubaya, Mataram.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.