Analisis Kadar Trigliserida Pada Pelari Berdasarkan Jenis Lari Yang Dilakukan

Ni Luh Putu Pebrita, Ida Bagus Rai Wiadnya, Lale Budi Kusuma Dewi

Abstract


Latar belakang : Trigliserida merupakan salah satu lemak didalam tubuh. Peningkatan kadar trigliserida terjadi karena kegemukan, konsumsi alkohol, serta kurangnya aktivitas sehingga menyebabkan penumpukan trigliserida dalam darah. Penurunan kadar trigliserida dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengatur gaya pola hidup seperti pengaturan diet dan aktivitas fisik. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh jenis - jenis lari terhadap kadar trigliserida pada pelari. Metode Penelitian : Penelitian ini adalah Pra-Experiment. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 27 orang. Hasil penelitian berupa kadar trigliserida pelari dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test untuk melihat perbedaan hasil kadar trigliserida sebelum dan setelah melakukan lari. Hasil Penelitian : Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sebelum lari (119,56) > setelah lari 100m (75,11), sebelum lari (88,11) > setelah lari 1500m (67,22), sebelum lari (71,44) > setelah lari 5000m (56,33). Hasil uji Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan probabilitas pada kelompok lari 100m dan 1500m adalah (Sig) 0,008 dan pada kelompok lari 5000m adalah (Sig) 0,007 yaitu hasil tersebut berarti nilai P < α 0,05. Kesimpulan : Semakin jauh jarak lari yang ditempuh seorang pelari maka semakin besar pula penurunan kadar trigliserida yang didapat oleh pelari tersebut.


Keywords


jenis lari; Trigliserida;

Full Text:

PDF

References


Agnes Sri Harti. 2014. Biokimia Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Ali, M.A., 2013. Pengaruh Latihan Aerobik terhadap Peningkatan Kadar High Density Lipoprotein pada atlet Aerobic Gymnastics.,

Dalimartha S., 2011. 36 Resep Tumbuhan Obat untuk Menurunkan Kolesterol (edisi revisi). Jakarta: Penebar Swadaya.

Grandjean, P.W, F.C. Stephen , and J.J. Rohack. 2000. Influence of cholesterol Status on Blood Lipid and Lipoprotein Enzyme Responses to Aerobic Exercise.J Appl Physiol.

Palar, Chrisly M., 2015. Manfaat Latihan Olahraga Aerobik Terhadap Kebugaran Fisik Manusia. Jurnal e-Biomedik, 3 (April).

Reinezer Z, Catapano AL, Backer GD, Graham I, Taskinen MR, Wiklund O et al. ESC/EAS Guidelines for the management of dysplidemias. European Heart Journal, 2011; 32.

Saragih, Dr. Bernatal. (2017). Kolesterol dan Usaha-usaha Penurunannya. Penerbit

Soeharto, Imam., 2001. Kolesterol dan Lemak Jahat, Kolesterol dan Lemak Baik, dan Proses Terjadinya Serangan Jantung dan Stroke. Jakarta: PT. Gramedia PustakaUtama.




DOI: https://doi.org/10.32807/jambs.v6i1.121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS) Poltekkes Kemenkes Mataram, Jurusan Analis Kesehatan
Jl. Praburangkasari, Dasan Cermen, Sandubaya, Mataram.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.