Identifikasi Bakteri Salmonella Sp Pada Lalat Hijau (Chrysomya Megacephala)

Putu Femila, Yunan Jiwintarum, Erlin Yustin

Abstract


Lalat hijau (Chrysomya megacephala) hinggap pada makanan yang busuk, ikan yang mulai membusuk serta sampah dan bangkai yang busuk. Pembusukan disebabkan oleh bakteri. Bakteri-bakteri penyebab penyakit yang di bawa oleh lalat antara lain Salmonella typhi, Vibrio cholera,Shigella disentry. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat observasional deskriptif atau exploratory study, yang bertujuan untuk mengetahui gambaran bakteri Salmonella sp pada lalat hijau (Chrysomya megacephala). Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non random purposif sampling, adanya populasi lalat hijau (Chrysomya megacephala) yang berada ditempat penjualan ikan yang berada di Pasar Kota Mataram. Sampel diambil pada 5 pasar yang tersebar di Kota Mataram dan diambil sebanyak 2 sampel. Data dianalisa secara deskriptif. Dengan hasil penelitian ditemukan positif (+) Salmonella typhi dengan presentase 70% dan Salmonella para typhosa dengan presentase 20%. Dan tidak ditemukannya spesies bakteri Salmonella entritidis.


Keywords


Bakteri Salmonella Sp; Lalat hijau;

Full Text:

PDF

References


Afriyani, Darmawi, Fakhrurrazi, Z. H. Manaf, M. Abrar, dan Winaruddin. 2016. Isolasi bakteri Salmonella sp pada feses anak ayam broiler di pasar Ulee Kareng Banda Aceh. Jurnal Medika Veterinaria. 10(1): 74-76.

Arifah, I.N. 2010. Analisis mikrobiologi pada makanan di Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Yogyakarta. Tugas Akhir. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Fardaniyah, F 2007, Pengaruh Pemberian Minyak Serai Wangi (Cymbopogon nardus [L] Rendle) Terhadap Infestasi Lalat Hijau (Chrysomya megacephala [Fab]), Skripsi Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor.

Irianto, K., 2006, Mikrobiologi Menguak Dunia Mikroorganisme, jilid 1, Yrama Widya, Bandung.

Ishartadiati, K., 2005. Protozoa Dan Bakteri Yang Ditemukan Pada Tubuh Lalat Di Pasar Surabaya. e Library Fakultas Kedokteran UWKKS, x, pp.3-4.

Jawetz, Melnick& Adelberg’s., 2005, Mikrobiologi Kedokteran, diterjemahkan oleh Nani, W., 223-226, 364, 365, Jakarta, Salemba Medika.

Latif, M., M. Gilani, J. Usman, T. Munir, M. Mushtaq, dan N. Babar. 2014. Lactose fermenting Salmonella paratyphi A. Journal of Microbiology and Infectious Diseases. 4(1): 30-32.

Maryantuti. 2008. Bakteri Patogen yang disebabkan oleh Lalat rumah di RS Kota Pekanbaru. Skripsi. FKIP Universitas Riau, Pekanbaru.

Monzon RB. 1991. A comparison of the role of Musca domestika (Linnaeus) and Chrysomya megacephala (Fabricius) as mechanical vector of helminthic Parasites in typical Slum Area of metropolitan Manila. SEJ Trop Med. 22 :222-228.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan Edisi Revisi. Rineka Cipta. Jakarta. pp 125-126.

Prasetyo, dkk, Metode Diagnostik Demam Tipoid Pada Anak. 2009. Divisi Tropik dan Penyakit Infeksi. 2009, Bagian/SMF Ilmu Kesehatan Anak FK UNAIR.

Purwanto. Demam tipoid. 2009 [cited 2010 23 September]; Available from:www.geocitic.com.

Sembel, DT 2009, Entomologi Kedokteran, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Sitanggang, T., 2001. Studi Potensi Lalat Sebagai Vektor Mekanik Cacing Parasit Melalui Pemeriksaan Eksternal. Skripsi, Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor.

Siti Fadilah Supari. Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Tentang Pedoman Pengendalian Demam Tifoid.Nomor364/MENKES/SK/V/2006Diunduh di http://www.hukor.depkes.go.id. Jakarta. 2006

Standar Nasional Indonesia. 2006. Penentuan Salmonella pada produk perikanan. Badan Standardisasi Nasional

Standar Nasional Indonesia. 2008. Metode pengujian cemaran mikroba dalam daging, telur dan susu, serta hasil. Badan Standardisasi Nasional.

Sudarsono, A. 2008. Isolasi dan Karakterisasi Bakteri Pada Ikan Laut Dalam Spesies Ikan Gindara (Lepidocibium flnvobronneum). Skripsi. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Wardani. pemariksaan salmonella typhi. 2008 [cited 2010 0




DOI: https://doi.org/10.32807/jambs.v5i1.100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS) Poltekkes Kemenkes Mataram, Jurusan Analis Kesehatan
Jl. Praburangkasari, Dasan Cermen, Sandubaya, Mataram.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.