Uji Efektifitas Filtrat Rimpang Lengkuas Putih (Alpinia Galangal Swartz) Sebagai Larvasida Aedes Sp

Abdiah Zikrilah, Erna Kristinawati, Fihiruddin Fihiruddin

Abstract


Demam berdarah merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes sp. Aedes sp merupakan vektor utama penyebab DBD (Demam Berdarah Dengue). Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memberantas vektor DBD salah satunya menggunakan insektisida. Selama ini insektisida yang lebih sering digunakan di masyarakat adalah insektisida sintetik, akan tetapi dapat menyebabkan kerusakan lingkungan dan mempunyai efek toxik terhadap manusia. Beberapa bahan aktif yang terkandung dalam rimpang lengkuas putih (Alpinia galangal swartz) yang diperkirakan memiliki efek larvasida terhadap larva Aedes sp adalah saponin, alkaloid, dan flavonoid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan filtrat rimpang lengkuas putih (Alpinia galangal swartz) terhadap kematian larva Aedes sp. Penelitian ini merupakan penelitian experiment, dan sampel yang digunakan adalah larva Aedes sp instar III. Hasil penelitian didapatkan kematian larva Aedes sp dengan konsentrasi terendah yaitu 2% dan konsentrasi tertinggi adalah 4%. Berdasarkan analisis probit didapatkan hasil pada semua variasi konsentrasi yang digunakan efektif sebagai larvasida Aedes sp. (p=0,000 < α=0,05).


Keywords


Lengkuas Putih; Larvasida Aedes Sp;

Full Text:

XML

References


Anggraeni, D.S. 2010. Stop! Demam Berdarah Dengue. Bogor Publishing House. Bogor.

Anggriani, Dyah. 2010. Uji Larvasida Ekstrak Rimpang Lengkuas (Alpinia galangal SW) Terhadap Kematian Larva Nyamuk Aedes aegypti. Skripsi. Fakultas ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Astuti, 2008. Karakterisasi Sifat Fisikokimia dan Deskripsi Flavor Buah Pepaya (Carica Pepaya Linn) Genotipe IPB-3 dan IPB-6C. Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian IPB. Bogor. Tidak diterbitkan.

BALITBANGKES, 2014. Kepala Pusat Komunikasi Publik. Pusat Komunikasi Publik Sekertariat Jendral Kementrian Kesehatan RI.

Elli Yane Bangkele, Nursyamsi, dan Silvia Greis. 2015. Efek Anti Bakteri Dari Ekstrak Lengkuas Putih (Alpinia galangal swartz) Terhadap Shigella Dysentriae. Jurnal. Fakultas Kedokteran Dan ilmu Kesehatan Universitas Tadulako.

Cheppy, Syukur. 2005. Pembibitan Tanaman Obat, Jakarta: Penebar Swadaya.

Dinas Kesehatan Provinsi NTB. 2014. Pengendalian Penyakit Demam Berdarah Dengue & Chikunnya NTB. Dikes, NTB

Frida, N. (2008). Mengenal Demam Berdarah Dengue. Jakarta Barat: CV. Pamularsih




DOI: https://doi.org/10.32807/jambs.v4i2.93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS) Poltekkes Kemenkes Mataram, Jurusan Analis Kesehatan
Jl. Praburangkasari, Dasan Cermen, Sandubaya, Mataram.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.