Efektivitas Inkubator Portable Sebagai Alat Inovasi Penunjang Laboratorium Mikrobiologi

Sudirman Halla, Rohmi Rohmi, Agrijanti Agrijanti

Abstract


Latar  Belakang : inkubator konvensional merupakan alat yang didesain untuk memenuhi kebutuhan pada proses inkubasi dilaboratorium mikrobiologi yang mengunakan komponen alat yang lumayan mahal dan membutuhkan tegangan listrik lumayan tinggi pada saat pengunaannya dilaboratorium. Sedangkan inkubator portable di rancang menggunakan bahan yang mudah di dapat dan relatif murah, pada saat penggunaannya dilaboratorium pun membutuhkan tegangan listrik yang sedikit, pada komponen alat inkubator portable di lengkapi dengan sensor suhu dan pengatur suhu seperti pada inkubator konvensional.

Tujuan : Mendesain, merancang dan munguji  inkubator portable sebagai alat inovasi penunjang laboratorium mikrobiologi yang di lengkapi pengatur suhu dan LCD. Metode : penelitian ini merupakan jenis penelian “experimental”yang bertujuan untuk membuat alat sederhana yang bisa untuk menumbuhkan bakteri yang melalui proses inkubasi. Hasil dan Kesimpulan: rata rata pertumbuhan bakteri yang di tanam pada media NAP lalu di inkubasi pada inkubator portable dan inkubator konvensional sebagai kontrol didapat kan hasil dan kesimpulan baha inkubator portable layak di gunakan sebagi inkubator alternatif penunjang laboratorium mikrobiologi khususnya bidang inkubasi.


Full Text:

PDF

References


Dewa Made Subrata., 2013. Rancang Bangun Incubator dengan Suhu dan Kelembaban Udara Terkendali untuk Penetasan Telur Ulat Sutera. , 1(1), pp.85–91.Departemen Teknik Mesin dan Biosistem, FATETA-IPB, PO Box 220,Perpustakaan Kampus IPB Darmaga – Bogor.

Gede Panca S, Perancangan dan Pembuatan Pengaturan Suhu InkubatorBayi Berbasisn Mikrokontroler AT89S51, ,http://teundiksha.files.wordpress.com/2010/05/perancangan-dan pembuatansuhu-inkubator-bayi-at-mega-89s51.pdf (tanggal akses 10 Agustus 2011

Latif, A. & Iswanto, 2016. Low-cost portable heart rate monitoringbased on photoplethysmography and decision tree. In Anvances OfscienceandTechnologi For Society: Proceedings of the 1stInternational Conference on Science and Technology 2015 (ICST-2015). p.090004. Available at:http://scitation.aip.org/content/aip/proceeding/aipcp/10.1063/1.4958522.

Pelczar,M.J and other. 2008,Dasar-dasar Mikrobiologi.Jilid pertama.UniversitasIndonesia(UI-Press).Jakarta

Pelczar,M.J and other. 2008,Dasar-dasar Mikrobiologi.Jilid kedua.UniversitasIndonesia(UI-Press).Jakarta

Purbonoto,G, Chomsyarini.2011. Peracangan dan Pembuatan Inkubator BakteriUntuk Mengetahui Jumlah Bakteri dalam Proses Pembuatan KertasMengunakan PLC.ITS Library. Surabaya

Pratiwi, R., Perbedaan daya hambat terhadap Streptococcus mutans dari beberapa pasta gigi yang mengandung herbal ( The difference of inhibition zones toward Streptococcus mutans among several herbal toothpaste ). , pp.64–67. perpustakaanUniversitas HasanuddinMakassar.

Rossy Tiara Vadiska1, I Dewa Gede Hari Wisana2 , M.Ridha Mak’ruf3 et al., 2015. Seminar Tugas Akhir Juni 2015 Seminar Tugas Akhir Juni 2015 2 . Teori Penunjang Tujuan. , (2010), pp.1–12.perpustakaan politeknik kesehatan surabaya

Setiawan, TY.2011.Perancangan Inkubator Berbasis Mikrokontroler AVRATMega8535. Politeknik Muhammadiyah Yogyakarta.Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.32807/jambs.v6i1.126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS) Poltekkes Kemenkes Mataram, Jurusan Analis Kesehatan
Jl. Praburangkasari, Dasan Cermen, Sandubaya, Mataram.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.