Pemberian Buah Kurma (Phoenix Dactylifera) Ke Penderita Anemia Pada Remaja Putri Terhadap Kadar Hemoglobin Di Sma Negeri 1 Natar Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan

Arini Pradita Roselyn, Ari Khusuma, Annisa Agata

Abstract


Anemia adalah keadaan dimana jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Anemia pada remaja dapat berdampak pada menurunnya produktivitas kerja ataupun kemampuan akademis di sekolah, karena tidak adanya gairah belajar dan konsentrasi. Kurma mengandung zat besi dalam jumlah cukup tinggi yang dapat berfungsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin di dalam sel darah sehigga dapat mencegah terjadinya anemia.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh buah kurma terhadap peningkatan kadar hemoglobin. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Experiment Design dengan rancangan Non Equivalent Control Group. Sample dalam penelitian ini adalah remaja putri kelas XI (sebelas) SMA Negeri 1 Natar yang mengalami anemia sebanyak 50 siswi yang dibagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol. buah kurma diberikan sebanyak 400 gr (66,7 gr/hari) selama 6 hari. kelompok intervensi diperoleh nilai rata-rata perbedaan antara sebelum dan sesudah diberikan buah kurma adalah 1,93200 dengan standar deviasi 0,48881, kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata perbedaan antara sebelum dan sesudah adalah 0,15200 dengan standar deviasi 0,23650. Nilai p value adalah 0,000 (<0,05), yang artinya Ada perbedaan rata-rata kadar hemoglobin setelah pada kelompok intervensi yang diberikan buah kurma dengan kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan apapun. Saran dalam penelitian ini agar mejadikan buah kurma sebagai upaya untuk peningkatan kadar hemoglobin oleh penderita anemia.

Keywords


Buah kurma; Anemia; Hemoglobin ;

Full Text:

PDF

References


Aprilistiyowati., 2014. Buah sakti dari surga. Yogyakarta: Balqist Yogyakarta.

Cholifah, N., & Amalia, E., 2017. ‘aplikasi pemberian kurma sebagai upaya peningkatan kadar hemoglobin pada remaja putri yang mengalami anemia’. The 5th urecol proceeding. 381 – 387.

Depkes. 2013. Riset kesehatan dasar. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan. Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Desmawati., 2013. Sistem hematologi dan imunologi. Jakarta: In Media.

Dinkes. 2014. Profil Kesehatan Provinsi Lampung. Lampung: Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.

Dinkes. 2015. Profil Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan. Lampung: Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan.

Novadela, N, I, T., & Imron, R., 2015. Pengaruh pemberian tablet Fe dan buah kurma pada mahasiswi di jurusan kebidanan tanjung karang. Jurnal keperawatan. 11(2): 305 – 309.

Sugiyono., 2015. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarwoto., Ratna, A., Ani, N., Bara, M., Siti, N, T., Siti, A., Sumiati., Dinarti., Heni, N., Ahmad, E, S., Reni, C., 2010. Kesehatan remaja problem dan solusinya. Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo, Sukidjo (2012). Metodologi Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

Rahimsyah, AR (2016) Herbal dan Pijat Refleksi untuk Penyembuhan dan Vitalitas. Surabaya: Media Pustaka

Riskesdas (2013) Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan Indonesia.

Smeltzer, S.C (2018) Keperawatan Medikal Bedah. Brunner & Suddarth, Edisi 12. Jakarta: EGC

Sugiyono, (2010). Statistik Non Parametris Untuk Penelitian, Jakarta : Alfa Beta

Triyanto, E. (2014). Pelayanan Keperawatan bagi Penderita Hipertensi Secara Terpadu. Yogyakarta: Graha Ilmu.

WHO, (2017). Raised blood pressure, Diambil pada 27 Maret 2018 dari http://www.who.int

Wijaya, Saferi, Andra & Putri, Mariza, Yessie (2013). KMB 1 Keperawatan Medikal Bedah, Nuha Yogyakarta : Medika.




DOI: https://doi.org/10.32807/jambs.v5i1.96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS) 2656-2456 Kampus A Poltekkes Kemenkes Mataram, Jurusan Analis Kesehatan, Jl. Praburangkasari Dasan Cermen Sandubaya Mataram.