Prevalensi Infestasi Cacing Usus Golongan Sth Pada Murid Sekolah Dasar Negeri 02 Tempos Di Dusun Alas Malang Desa Tempos Kecamatan Gerung

Anhariyatni Anhariyatni, Pancawati Ariami, Gunarti Gunarti

Abstract


Kecacingan merupakan penyakit infeksi disebabkan oleh parasit cacing yang dapat membahayakan kesehatan. Penyakit kecacingan yang sering menginfeksi dan merugikan adalah infeksi cacing yang ditularkan melalui tanah “Soil Transmitted Helminth (STH). Pada umumnya infeksi STH cenderung menginfeksi anak-anak usia Sekolah Dasar karena daya tahan tubuh yang masih rendah serta perilaku yang lebih sering kontak dengan tanah sebagai media penularan.

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Prevalensi Infestasi Cacing Usus Golongan STH pada Anak Sekolah Dasar Negeri 02 Tempos Di Dusun Alas Malang Desa Tempos Kecamatan Gerung .Penelitian ini bersifat Observasional deskriptif. Sampel yang digunakan adalah sampel feaces murid SDN 02 Tempos yang diambil sebanyak 92 sampel. Analisis secara deskriptif dengan menghitung prosentase infeksi kecacingan pada murid SD.

 

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada sampel feses murid SDN 02 Tempos di Dusun Alas Malang Desa Tempos Kecamatan Gerung didapat telur cacing usus golongan STH sebesar 34,8% yang terdiri dari Ascaris lumbricoides yaitu (6,5%), Trichuris trichiura (28,3%) ,dan cacing tambang (0%).


Keywords


Cacing Usus;

Full Text:

PDF

References


Achmadi UF. Managemen Penyakit Berbasis Wilayah Jakarta: Kompas Media Nusantara; 2005.

Adisti. 2011. [Skripsi] Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Infeksi Kecacingan Pada Anak di SDN 01 Pasir Langu Cisarua.

Departemen Kesehatan R.I. (2012). Direktorat Jendral PP&PL, Pedoman Pengendalian Cacingan

Depkes RI. (2010). Profil Kesehatan Indonesia 2009. Jakarta.

Didi Sumanto. 2003. [Tesis] Faktor Risiko Infeksi Cacing Tambang Pada Anak Sekolah (Studi kasus kontrol di Desa Rejosari, Karangawen, Demak)

E. Oeswari, 1991, Penyakit dan Penanggulangannya, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Ernawati. (2010). Gambaran Infeksi Soil Transmitted Helminth (STH) Pada Siswa Madrasah Ibtidayah Mi’rajul Islah Getap Kota Mataram. KTI. Jurusan Analis Kesehatan Mataram

Festi, P. 2009. [Skripsi] Hubungan Antara Penyakit Cacingan Dengan Status Gizi Pada Anak Sekolah Dasar Disekolah Dasar Al Mustofa Surabaya

Fathimatuzzahro. 2012. [Jurnal] Perbedaan Prevalensi Nematoda Usus Antara Siswa SD Pedesaan dengan Perkotaan dan Hubungannya dengan Faktor Risiko. Fakultas kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY

Gandahusada S. (2000). Parasitologi Kedokteran edisi ke 3.EGC. Jakarta

Ghasani A. 2010. [Skripsi] Hubungan Infeksi Cacing Usus STH Dengan Kebiasaan Bermain Tanah Pada SDN 09 Pagi Paseban. Fakultas kedokteran.

Hookworm. 2009 Diunduh dari: http://www.dpd.cdc.gov/dpdx/HTML/hookworm [pada tanggal 15 Januari 2017].

Ideham B & Pusarawati,.(2007), Helmintologi Kedokteran. Balai Penerbit Airlangga University Press, Kampus C Unair. Surabaya.

Indan Entjang, 2000, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Irianto, K. (2009). Parasitologi :Berbagai Penyakit yang Mempengaruhi Kesehatan Manusia. Cet 1. CV. Yrama Widya, Bandung.

Jawetz M. Adelberg’s. (2005). Mikrobiologi Kedokteran Edisi 23.Jakarta: EGC

Kemenkes RI. (2006). Pedoman Pengendalian Cacingan

Kementerian Kesehatan RI. Ditjen PP dan PL (2012) . Profil Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan.

Natadisastra, D dan Agoes, R.(2009). Parasitologi Kedokteran :Ditinjau dari Organ Tubuh yang diserang. Penerbit Buku Kedokteran:EGC; Jakarta.

Notoatmodjo.(2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Edisi Cetakan kedua. Jakarta.

Onggowaluyo J.S. (2002). Parasitologi MedikI ;Helmintologi Pendekatan Aspek Identifikasi, Diagnosis dan Klinik. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta.

Peter J. Hotes, 2003, Soil Transmitted Helminth infection: The Nature, Causes and Burden of the condition, WHO: Departemen of Mikrobiologi and Tropical Medicine The George Washington University.

Proksalia, Ayu. (2016). [Skripsi]. Prevalensi Infeksi Kecacingan Pada Anak Sekolah Dasar Di Desa Pengobatan Filariasis Dan Non Pengobatan Filariasis. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang.

Resnhaleksmana E., Tatontos E Y., Inayati N (2016) [Jurnal] Prevalensi Kecacingan Di Lingkungan Batu Dawe Kelurahan Tanjung Karang Ampenan

Safar Rosdiana. (2010). Parasitologi Kedokteran: Protozoologi, Helmintologi, Entomologi.Cet 1. CV. Yrama Wydia, Bandung.

Soedarto.(2011). Buku Ajar Parasitologi Kedokteran, Sugeng Seto, Jakarta.

Sugiyono.(2016 ). Metode Penelitian Pendidikan, PT Alfabet. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.32807/jambs.v4i2.92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS) Poltekkes Kemenkes Mataram, Jurusan Analis Kesehatan
Jl. Praburangkasari, Dasan Cermen, Sandubaya, Mataram.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.