Pemberian Tepung Beras Merah (Oryza Nivara) Terhadap Penurunan Kadar Glukosa Darah Pada Hewan Coba Tikus Putih (Rattus Norvegicus) Galur Wistar

Cindy Sanggar Velanie, Maruni Wiwin Diarti, Iswari Fauzi

Abstract


Diabetes Melitus (DM) merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia yang terjadi karena kelainan sekresi insulin atau aktivitas insulin oleh karena itu akan menyebabkan peningkatan glukosa darah. Pemberian tepung beras merah dapat melindungi sel dari pengaruh buruk radikal bebas. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung beras merah (Oriza nivara) terhadap penurunan kadar glukosa darah hewan coba tikus putih (Rattus norvegicus) galur wistar. Penelitian ini menggunakan metode pra-ekspriment dengan rancangan penelitian One group pretest-postest dengan jumlah hewan coba tikus putih 5 ekor. Tikus putih diinduksikan aloksan 125 mg/BB secara intraperitoneal dan diberikan tepung beras merah (Oriza nivara). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik Uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian ini yaitu rerata hasil pemeriksaan kadar glukosa darah pada hewan coba tikus putih setelah pemberian tepung beras merah (Oriza nivara) adalah 169,4 mg/dl. Dengan hasil uji statistik didapatkan nilai p=0,043, karena p < (α=0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pemberian tepung beras merah (Oriza nivara) selama 14 hari berpengaruh secara signifikan terhadap penurunan kadar glukosa darah hewan coba tikus putih (Rattus norvegicus) Galur Wistar


Keywords


Beras Merah; Beras Merah; Tikus putih;

Full Text:

PDF

References


Aryana, I. G. (2012). Kandungan Dan Hasil Antosianin Galur Padi Beras Merah.

Astawan, M., Tuti, W. dan Anas, B.H. (2005). Pemanfaatan rumput laut sebagai sumber serat pangan untuk menurunkan kolesterol darah tikus. Hayati 12(1): 23-27.

Damardjati, D.S., S. Widowati, J. Wargiono, dan S. Purba. 2000. Potensi dan Pendayagunaan Sumber Daya Bahan Pangan Lokal Serealia, Umbi-umbian, dan Kacang-kacangan untuk Penganekaragaman Pangan. Makalah pada Lokakarya Pengembangan.

Guyton, A.C. & Hall, J.E., 2006. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran, Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Kristanti, D. (2015). Perbandingan efek diet beras merah (mandel handayani) dan Beras putih (ir64) precooked pada kadar glukosa darah, Antioksidan darah, profil mikrobiota, dan short chain Fatty acids (scfa) digesta tikus wistar hiperglikemia. Tesis. Program Studi Pascasarjana Fakultas Teknologi Pertanian UGM, Yogyakarta.

Murray, K., D. Granner, A. Mayes, dan W. Rodwel, 2009. BIOKIMIA HARPER edisi 27. Buku Kedokteran EGC, Jakarta

Notoadmodjo, S. 2010. Metodelogi Penelitian Kesehatan. PT. Rineka Cipta Jakarta.

Santika, A., dan Rozakurniati. 2010. Teknik Evaluasi Mutu Beras Hitam dan Beras Merah pada Beberapa Galur Padi Gogo. Buletin Teknik Pertanian Vol. 15 No. 1 Hal. 1-5.

Santoso A. (2011). Serat pangan (dietary fiber) dan manfaatnya bagi kesehatan. Magistra No. 75 Th. XXIII ISSN 0215-9511.

Sarwono Waspadji. 2002. Mekanisme Dasar dan pengelolaan DM yang Rasional. In: Sidartawan, Pradana, Imam (eds), penatalaksanaan Diabetes Mellitus Terpadu, edisi ke-1. Jakarta. Pusat Diabetes dan lipid RSUP Nasional Dr C Mangunkusumo Fakultas Kedokteran UI. Hal: 21-30.

Soegondo, S. 2007. Diagnosis dan Klasifikasi Diabetes Melitus terkini. Dalam Penatalaksanaan Diabetes Mellitus terpadu Balai Penerbit FK UI, ed., Jakarta.

Soesanto, T. dan B.Saseto, 1994. Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian. Bina Ilmu, Surabaya.

Tjay, H.T. & Rahardja, K., 2007. Obat-obat Penting Edisi VI., Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Yuriska, F., Anindhita. 2009. Efek Aloksan Terhadap Kadar Glukosa Darah Tikus wistar. Jurnal Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang.




DOI: https://doi.org/10.32807/jambs.v4i2.90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS) Poltekkes Kemenkes Mataram, Jurusan Analis Kesehatan
Jl. Praburangkasari, Dasan Cermen, Sandubaya, Mataram.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.