Sediaan Spray Kombinasi Filtrat Rimpang Jeringo Dan Serai Wangi Sebagai Insektisida Nabati Terhadap Lalat Rumah (Musca Domestica)

Baiq Evianita Putri, Urip Urip, Yunan Jiwintarum, Danuyanti Danuyanti

Abstract


Lalat rumah (M. domestica) adalah lalat yang banyak terdapat di Indonesia, lalat ini dapat bertindak sebagai vector penyakit Typus, Diare, Disentri, Kolera dan kecacingan.  Pengendalian lalat rumah dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti pengendalian alternatif yang dapat mengendalikan lalat secara efektif dan ramah lingkungan yaitu menggunakan insektisida nabati. Tujuan untuk mengetahui efektivitas kombinasi filtrat rimpang jeringo dan serai wangi sebagai insektisida nabati terhadap lalat rumah (M. domestica).Metode penelitian ini bersifat eksperimental di laboratorium dengan menggunakan 7 perlakuan dan 4 kali replikasi yaitu aquadest sebagai control, kombinasi filtrat rimpang jeringo dan serai wangi  konsentrasi 30%, 50%, 70%, 80%, 90% dan 100% dengan perbandingan 1:1. Hasil data kematian lalat rumah kemudian dilakukan uji statistik menggunakan uji Kruskal-Wallis dengan tingkat kepercayaan 95% atau   α = 0,05. Hasil : Berdasarkan hasil uji laboratorium pada kelompok kontrol dan kombinasi filtrat rimpang jeringo dan serai wangi konsentrasi 30% & 50% tidak terdapat lalat rumah yang mati, sedangkan pada konsentrasi 70% rerata jumlah kematian lalat rumah sebanyak 1 ekor dengan persentase kematian 16,6%.  Rerata jumlah  kematian lalat rumah pada konsentrasi 80% sebanyak 1 ekor dengan persentase kematian 20,8%, rerata jumlah kematian lalat rumah pada konsentrasi 90% sebanyak 2 ekor dengan persentase kematian 29,1% dan rerata jumlah kematian lalat rumah pada konsentrasi 100% sebanyak 2 ekor dengan persentase kematian 37,5%.

Keywords


Musca Domestica; Lalat rumah; Rimpang Jeringo; Insektisida Nabati;

Full Text:

PDF

References


Aprilliani, P. F. 2017. Implementasi Certainty Factor Pada Diagnosa Penyakit Infeksi Tropis. Jurnal Riset Sains dan Teknologi.

Hanafiah, KA. 2008. Rancangan Percobaan Teori & Aplikasi Edisi Revisi, PT. Raja Grafindo Persada:Jakarta.

Kardinan, Agus. 2007. Daya tolak ekstrak tanaman rosemary (Rosmarinus officinalis) terhadap lalat rumah (Musca domestica). Jurnal Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik.

Melsilawati, W., Khotimah, S., & Rizalinda. 2012. Jamur Yang Terdapat Pada Tubuh Lalat Rumah Tanjungpura. ( Musca Domestica, 1758 ). Program Studi Biologi, Fakultas MIPA. Jurnal Protobiont.

Nasution, J., Riyanto, & Prabowo, D. 2011. Uji efektifitas bio-insektisida ekstrak daun tembakau (nicotiana tabacum L) dan rimpang jeringo (acorus calamus L) terhadap hama wereng coklat (Nilaparvata lugens) pada tanaman padi. Fakultas biologi Universitas Medan Area. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodelogi Penelitian. PT Rineka Cipta:Jakarta




DOI: https://doi.org/10.32807/jambs.v4i1.77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS) Poltekkes Kemenkes Mataram, Jurusan Analis Kesehatan
Jl. Praburangkasari, Dasan Cermen, Sandubaya, Mataram.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.