Uji Sensitivitas Dan Spesifitas Penemuan Basil Gram Negatif Dengan Pengecatan Gram Sebagai Diagnosis Penyaring Infeksi Saluran Kemih

SITI ZAETUN

Abstract


Uji tapis bukan untuk mendiagnosis tapi untuk menyaring hasil positif dan negatif suatu pemeriksaan, bagi yang  positif dilakukan pengobatan intensif agar tidak menular. Uji tapis pada umumnya bukan merupakan uji diagnostik dan oleh karenanya memerlukan tindak lanjut yang cepat dan pengobatan yang tepat pula. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui nilai sensitivitas dan spesifitas penemuan basil gram negatif dengan pengecatan gram sebagai  diagnosis penyaring infeksi saluran kemih. Penelitian ini merupakan suatu penelitian cross sectional. Subjek penelitian adalah semua Mahasiswi berusia sekitar 18-20 tahun yang sedang mengikuti pendidikan di Jurusan Analis kesehatan Mataram diambil secara consecutive sampling. Pemeriksaan kultur urin sebagai Gold Standard terdapat 8 sampel positif bakteri dan 69 negatif, Pemeriksaan Gram urin tanpa centrigugasi 9 positif 76 negatif sebenarnya Pemeriksaan Lekositouria sedimen urin 15 positif sebenarnya, dan 62 negatif. Dari hasil pemeriksaan maka dibuat tabel 2 x 2 untuk mencari nilai Sensitivitas dan Spesifitas masing-masing pemeriksaan Sensitifitas 75,05 % Spesifisitas 80,51,43%.


Keywords


Infeksi Saluran Kemih; Gram Negatif;



DOI: https://doi.org/10.32807/jambs.v2i1.34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS) 2656-2456 Kampus A Poltekkes Kemenkes Mataram, Jurusan Analis Kesehatan, Jl. Praburangkasari Dasan Cermen Sandubaya Mataram.