Prevalensi Nematoda Usus Golongan Sth (Soil Transmitted Helminth) Pada Masyarakat Yang Menggunakan Kotoran Sapi Di Dusun Sade Sebagai Bahan Pembersih Lantai

Erna Kristinawati, Yudha Jiwantoro

Abstract


Latar Belakang: Masalah kesehatan penduduk di Indonesia masih di tandai dengan tingginya penyakit-penyakit yang berkaitan dengan rendahnya tingkat sosial ekonomi penduduk. Salah satu penyakit yang insidennya masih tinggi adalah infeksi cacing. Di Indonesia kecacingan merupakan masalah kesehatan masyarakat terbanyak setelah malnutrisi, karna Indonesia adalah negara yang agraris dengan tingkat sosial ekonomi, pengetahuan, keadaan sanitasi lingkungan dan higiene masyarakat masih rendah yang sangat menyokong untuk terjadinya infeksi dan penularan cacing. Tujuan: penelitian ini adalah untuk mengetahui Prevalensi Nematoda usus golongan STH pada masyarakat yang menggunakan kotoran sapi di Dusun Sade. Metode: Penelitian ini bersifat observasional deskriptif. Sampel berjumlah 48 orang masyarakat yang menggunakan kotoran sapi sebagai pembersih lantai di dusun Sade, Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Pemeriksaan kecacingan pada jari-jari tangan dilakukan dengan bilasan menggunakan NaOH, pemeriksaan pada feses menggunakan metode Kato Katz. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan positif pada Nematoda Usus Golongan STH pada masyarakat di Dusun Sade yang menggunakan Kotoran Sapi sebagai bahan pembersih Lantai yaitu: Trichuris Trichiura (4,17%) dan hook worm (10,42%). Kesimpulan: Prevalensi Nematoda Usus golongan STH pada masyarakat Dusun Sade sebesar 14,59%.


Keywords


Kotoran Sapi; STH; Kato Katz

Full Text:

PDF

References


Ali, AR. 2008. Penyakit Cacing Pada Anak SD di Polewali Mandar Tahun 2006-2007. http://www.arali2008.wordpress.com buku II. Prestasi Pustaka. Jaya Pura.

Depkes RI. (2010) Profil Kesehatan Indonesia 2009. Jakarta

Gandahusada, Srisasi. 2006. Parasitologi Gerakan Terpadu Pengentasan Kemiskinan daerah.

Ginting S. 2002. Cacing dan perumahan. [home-page on internet]. [diakses pada 23 Maret 2009]. Available from: http:// www. Journal. Unair.ac.id.

Mardiana, Djarismawati. Prevalensi Cacing Usus Pada Ibu Hamil. Jurnal 2008.

Sastroasmoro S. 2014. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis Edisi 5. Jakarta: Sumatera Utara Universitas Indonesia. Jakarta.

WHO. 2015. Helminthiasis [Diakses 20 Agustus 2016]. Tersedia Dari:174-86. 6-11.




DOI: https://doi.org/10.32807/jambs.v7i1.180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS) Poltekkes Kemenkes Mataram, Jurusan Analis Kesehatan
Jl. Praburangkasari, Dasan Cermen, Sandubaya, Mataram.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.