Investasi Kecacingan Dengan Kadar Hemoglobin Pada Anak Dipesisir Pantai Dusun Seriwe Desa Seriwe

Dina Nurmayani, Fitria Ernawati, Miftahul Jannah

Abstract


Kecacingan ini merupakan penyakit yang berbasis lingkungan dan dapat dikurangi jika masyarakat sekitar berperilaku hidup bersih dan sehat seperti cuci tangan. Seperti yang diketahui bahwa kebersihan lingkungan pesisir pantai di Dusun Seriwe masih tergolong rendah. Namun pemeriksaan kecacingan belum pernah di lakukan di wilayah pesisir pantai Dusun Seriwe. Oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan Hb pada anak-anak di wilayah pesisir pantai Dusun Seriwe yang terduga terinfeksi kecacingan. Mengetahui investasi kecacingan dengan kadar hemoglobin pada anak dipesisir pantai Desa Seriwe. Penelitian ini bersifat analitik obsevasional yaitu penelitian yang mencoba menggali bagaimana dan mengapa fenomena kesehatan itu terjadi. Sebanyak 49 responden diperiksa kadar hemoglobin dan fesesnya hal tersebut dilakukan untuk melihat hubungan antara investasi kecacingan dengan kadar hemoglobin. Rata-rata kadar hemoglobin pada anak di pesisir pantai dusun seriwe desa seriwe adalah 11,0 gr/dl. Dari 49 sampel feses, sebanyak 18 sampel feses
yang positif kecacingan. Terjadi penurunan kadar Hemoglobin pada infeksi kecacingan

Keywords


Hemoglobin; Infeksi Kecacingan

Full Text:

PDF

References


Ibrahim, I. A. (2014) ‘Status Kecacingan Soil Transmitted Helminth (STH) Dalam Pemantauan Kejadian Anemia Pada Murid SD Inpres Bakung Samata Kabupaten Gowa Tahun 2013’,.

Riskesdas (2013) ‘Riset Kesehatan Dasar Kementerian RI’, Proceedings, Annual Meeting - Air Pollution Control Association, 6. doi: 1 Desember 2013.

Syahnuddin Muchlis (2017) Hubungan Anemia Gizi dengan Infeksi Kecacingan pada Remaja Putri di Beberapa SLTA di Kota Palu.




DOI: https://doi.org/10.32807/jambs.v6i2.147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS) 2656-2456 Kampus A Poltekkes Kemenkes Mataram, Jurusan Analis Kesehatan, Jl. Praburangkasari Dasan Cermen Sandubaya Mataram.