Gambaran Tingkat Infeksi Cacing Soil Transmitted Helminth (STH) Pada Pengrajin Gerabah Di Desa Banyumulek Lombok Barat

Fahril Rizal Saputra, Ida Bagus Rai, Zainal Fikri

Abstract


Infeksi cacing adalah sebagai infestasi satu atau lebih cacing parasit usus yang terdiri dari golongan
nematoda usus. Diantara nematoda usus ada sejumlah spesies yang penularannya melalui tanah atau biasa disebut dengan cacing jenis STH yaitu Ascaris lumbricoides, Necator americanus, Trichuris trichuira dan Ancylostoma duodenale. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat infeksi cacing soil transmitted helminth (STH) pada pengrajin gerabah di Desa Banyumulek Lombok Barat. Metode penelitian ini menggunakan metode observational analitik dengan pendekatan cross-sectional, teknik pengambilan sampel dengan cara teknik Non random Purposive Sampling,dan Analisis hasil penelitian dilakukan secara deskriptif. Jumlah Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang. Dari 30 sampel yang diperiksa di dapatkan 1 diantaranya positif terinfeksi kecacingan nematoda usus dengan ditemukannya telur cacing jenis Hookworm dengan persentase 3,33% sedangkan pada sampel lainya tidak ditemukan adanya nematoda usus atau negatif dengan persentase 96,66%. Dengan tingkat infeksi termasuk infeksi ringan. Jadi kesimpulannya adalah Telur cacing golongan STH yang didapatkan pada feses pengrajin gerabah adalah Hookworm dengan tingkat infeksi kecacingan termasuk dalam kategori infeksi ringan.

Keywords


tingkat kecacingan; pengrajin gerabah

Full Text:

PDF

References


Afifi, F., Triani, E., Primayanti, I., & Gizi, S. (2003). Hubungan antara kecacingan dengan status gizi Lombok.

Di, A., Pasirlangu, S. D. N., Andaruni, A., Fatimah, S., & Simangunsong, B. (2010). Gambaran faktor-faktor penyebab infeksi cacingan pada anak di SDN 01 pasirlangu cisarua, 1–15. Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Depkes RI.(2006) Keputusan Menteri Kesehatan Nomor: 424/MENKES/SK/VI/2006 mengenai pedoman pengendalian cacingan. URL: http.//www.depkes.go.id/downloads/kepmenkes.

Kurniati, DPY. (2014). Hubungan kejadian kecacingan dengan status gizi anak SD serta pengobatan kecacingan pada anak SD dI DESA Jagapati, Kotamadya Denpasar-BALI

Ismid, I.S., Winita, R., Sutanto, I., Zulhasril. Sjarifuddin, P.k. (2000). Penuntun Praktikum Parasitologi Kedokteran. Fakultas Kedokteran Jakarta: Universitas Indonesia.

Irianto, K. (2013). Medis Parasitologi (Medical Parasitology). Alfabeta CV. Hlm. 232-237. Bandung.

Kerja, W., Tamangapa, P., & Makassar, A. (2013). Hubungan personal hygiene dengan cacingan pada anak di wilayah kerja puskesmas tamangapa antang Makassar.

Luis, R., & Tuda, J. S. B. (2016). Kecacingan usus pada anak sekolah dasar di Tanawangko Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa, 4, 2–5.

Ni Wayan Sri Krisna Yanti. (2018) Identifikasi Telur cacing Soil Transmitted Helminth Pada Potongan kuku Tangan Pengrajin Gerabah Di Sentral Kerajinan Gerabah Kelurahan Kapal Kecamatan Mengwi Kabupaten Bandung.

Notoatmodjo, S. (2014) Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Prasetyo Yudha,. (2016). Hubungan faktor sosio-ekonomi dan tingkat pengetahuan orang tua dengan kejadian infeksi soil transmited helminth (STH) dan pemetaan tempat tinggal siswa terinfeksi STH pada siswa SDN 1 krawangsari natar.

Proksalia, A. Y. U. (2016). Prevalensi infeksi kecacingan pada anak sekolah dasar di desa pengobatan filariasis dan non pengobatan filariasis.

Siswa, P., Iv, K., Sd, D. A. N. V, Mawasangka, N., Buton, K., & Tahun, T. (2017). Pengaruh penyuluhan dengan metode permainan edukatif sukata terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan tentang pencegahan penyakit cacingan pada siswa kelas IV dan V SD negeri 1 mawasangka kabupaten

buton tengah tahun 2016, 2(5), 1–10.

Sujatmiko. (2005). 100% Pengrajin Gerabah di Lombok Cacingan. Available from : http//: www.tempointeraktif.com. Acessed: January, 27 2010.

Swarjana, I. (2015) Metode Penelitian Kesehatan. Edisi Revisi. Yogyakarta: ANDI.

Tri, A., Amaliah, R., & Indo-, D. (2016). Distribusi Spasial Kasus Kecacingan ( Ascaris lumbricoides ) Terhadap Personal Higiene Anak Balita di Pulau Kodingareng Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar Tahun 2016.

Zulkoni.A (2011). Parasitologi. Yogyakarta: Nuha Medika.




DOI: https://doi.org/10.32807/jambs.v6i2.143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Analis Medika Biosains (JAMBS) 2656-2456 Kampus A Poltekkes Kemenkes Mataram, Jurusan Analis Kesehatan, Jl. Praburangkasari Dasan Cermen Sandubaya Mataram.